Sederhana Berbuah Kerumitan

Kau ingin berjalan ke sana hanya untuk melihat air di sungai?

Kesederhanaan adalah hal-hal yang tidak banyak dicintai di dunia ini. Banyak yang ingin mengusik kata sederhana dalam hidup, melupakannya, dan menghapusnya dari konsep menjalani hidup. Namun, kali ini bukan hal seperti ini yang ingin disampaikan di sini. Ada hal yang ditemukan tatkala merenungi makna dari sesuatu yang katanya sederhana, atau bahasa asingnya, simple.

Jauh menelusuri makna sederhana, selama berjalan dalam kehidupan ini, ada banyak sekali hal-hal sederhana yang terlihat, dipahami, atau bahkan hanya dilewatkan dan tidak terlihat sama sekali. Namun, di belahan bumi lain, ada beberapa manusia yang mencintai hal-hal yang dipandang sebagai sesuatu yang mengandung kesederhanaan; yang dalam istilah ini berarti, cinta melihat atau bahkan melakukan sesuatu yang tampaknya sederhana di mata orang lain.

Di dalam film The Wind Rises produksi Studio Ghibli, ada sebuah percakapan singkat yang melibatkan tokoh utama di film tersebut (Jiro) yang kurang lebih sebagai berikut.


Review: The Wind Rises in 2020 | Studio ghibli movies, Studio ...
Picture was taken from Pinterest

Kau ingin makan ikan untuk melihat tulangnya?

Kau tahu, tokoh "kau" atau Jiro sebenarnya ingin melakukan hal yang lebih, terbungkus dengan hal yang sederhana (memandangi tulang ikan, red). Jauh dari sana, tokoh "kau" berpikir lebih jauh akan tulang ikan tersebut. Ada sesuatu yang bisa ia ciptakan, terinspirasi dari tulang ikan yang bengkok; sebuah rangka pesawat!

Lagi-lagi, kata "hanya" merefleksikan bahwa, apa yang dilakukan oleh tokoh "kau" di kalimat tersebut sebagai hal-hal yang sederhana. Hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Tetapi, sebenarnya ada hal yang harus ditelaah lebih jauh sebelum menilai betapa sederhananya sesuatu, sebelum kita memilih untuk tidak memperhatikannya.

Tahu tidak, dari hal-hal sederhana, terkadang kita bisa menciptakan hal-hal yang rumit. Bagi orang lain, mungkin, apa yang kita lakukan hanyalah buang-buang waktu. Lebih baik memandangi yang pasti, katanya. Tapi, ada beberapa kepastian yang ternyata hadir dari ketidakpastian!

Selamat merenungi sesuatu yang dipandang "sederhana" dalam hidup ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masih Tentang Hari Kemarin

Dan Dia

Kembali Bertemu