A Small Thing About Change

Untuk memperbaiki segalanya, memang butuh waktu dan kesabaran...


Kali ini, aku mendapatkan tugas dari guruku (semoga Allah selalu menjaga beliau). Topiknya adalah mengenai perubahan.

Is change good or bad? 

Sebenarnya, saat pertama kali diserukan untuk mengerjakan tugas ini, aku sedikit bingung. Soalnya (barangkali), baru kali ini aku diberikan tugas seperti ini (tidak tahu kalau teman-teman yang lain).

Jadi, tugasnya adalah mengajak orang-orang untuk mengubah kebiasaan makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri sambil berdiri, atau salah satunya. Hal ini sudah menjadi budaya bagi kita, karena kebanyakan kita (termasuk aku) sering lupa dengan adab makan minum yang satu ini.

Terlihat sederhana. Namun..

Yang aku ingat bukanlah tugasnya, namun perkataan beliau, yang intinya (jika aku tidak salah) adalah -barangkali, ini bisa jadi amal jariah bagi kita- karena sudah mengajak orang lain menggunakan tata cara yang seharusnya dalam makan atau minum.

Sekali lagi, ini benar-benar terlihat sederhana. Terlihat seperti tugas biasa, lalu dilaporkan, dan begitulah. Namun, jika diselami lebih dalam, ada hal penting yang bisa dipelajari, yaitu mengenai niat (intention).

Barangkali, ada yang niatnya sebatas membuat tugas, lalu melaporkannya.

Di sisi lain, mungkin ada yang niatnya lebih dari itu, ingin mengenalkan sunnah Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wa Sallam.

Dan, semua itu tentunya punya ganjarannya masing-masing. Pastinya.

Catatan Khusus.
Yang seharusnya lebih diingatkan adalah aku sendiri, adakalanya masih lupa~


Komentar

  1. Adab Makan dan Minum

    Baca Selengkapnya :
    https://almanhaj.or.id/4005-adab-adab-makan-dan-minum.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masih Tentang Hari Kemarin

Dan Dia

Kembali Bertemu